Me, Myself, & I

Foto saya
Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
Do the best for the progress

Minggu, 27 Juni 2010

Penjurnalan

Jurnal adalah buku catatan pertama atas transaksi keuangan yang terjadi (Inggrisnya: The Book of Original Entry). Catatan akuntansi ada 2 yaitu di dalam jurnal dan di dalam buku besar.

Ada dua jenis jurnal yakni:
1. Jurnal Umum
Jika jumlah transaksi yang terjadi relatif sedikit & sederhana, SEMUA transaksi cukup dicatat di satu jurnal saja yakni jurnal umum. Bisaanya tanpa direkapitulasi (diringkas total jumlah tiap akun) dan untuk memposting( tahap selanjutnya setelah penjurnalan) adalah satu persatu sehingga dalam buku besar akan tampak mutasi saldo dari tiap transaksi yang telah dicatat.
2. Jurnal Khusus
Jika jumlah transaksi yang terjadi relatif banyak & variatif, transaksi diidentifikasi jenis dan lokasi pencatatannya ke dalam beberapa buku jurnal yang sesuai KEBUTUHAN perusahaan. Jurnal khusus fleksibel formatnya sesuai KEBUTUHAN perusahaan. Biasanya dilengkapi rekapitulasi untuk memudahkan posting ke buku besar dan hanya ada satu tanggal posting saja. Ada 5 macam jurnal yang biasanya digunakan, yakni:
• Jurnal Penerimaan Kas
  Digunakan Khusus mencatat penerimaan uang

• Jurnal Pengeluaran Kas
   Digunakan Khusus mencatat pengeluaran uang

• Jurnal Pembelian
Digunakan Khusus mencatat pembelian kredit. Dalam perusahaan jasa bisa digunakan untuk mencatat pembelian peralatan, perlengkapan, dsb secara kredit. Dalam perusahaan dagang digunakan untuk pembelian kredit barang dagangan. Dalam perusahaan manufaktur, untuk pembelian bahan baku dan bahan pembantu secara kredit. Pembelian tunai dicatat di jurnal pengeluaran kas.

• Jurnal Penjualan
  Digunakan Khusus mencatat penjualan kredit. Penjualan tunai dicatat di jurnal penerimaan kas.

• Jurnal Umum
Fungsinya khusus mencatat transaksi yang tak bisa dicatat di 4 jurnal di atas. Berbeda dengan jurnal umum sebelumnya, jurnal ini tidak digunakan untuk mencatat semua transaksi kecuali yang tidak dapat dicatat di 4 jurnal khusus sebelumnya. Persamaanya dengan jurnal umum sebelumnya ialah, keduanya digunakan untuk mencatat penyesuaian, penutupan, dan pembalikan(akan dibahas lebih lanjut)
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar